Berkreasi Tanpa Batas!

Share what you know and get what you want

Pages

Senin, 12 April 2010 di 9:25:00 PM Diposting oleh Chuuninja 0 Comments

Perlu berbagai gaya berpikir berbeda untuk membuat dunia berputar. Mengetahui gaya berpikirmu sendiri memberimu pandangan tentang perilakumu dan perilaku orang-orang di sekitarmu.

Orang-orang yang mempelajari cara kita berpikir dan belajar telah menemukan empat cara unik yang disukai otak kita untuk memproses informasi. Kita menyebutnya terstruktur, logis, fleksibel dan explorasi. Setiap gaya berpikir memiliki kekuatan unik yang bisa kita gunakan untuk memahami cara kita belajar, dan melihat manfaat dari pemikiran orang lain.

Pemikir Terstruktur
Pemikir Terstruktur (PT) memproses informasi dengan cara teratur dan selangkah demi selangkah. Dunia mereka konkret dan nyata, terdiri dari hal-hal yang bias mereka lihat, sentuh, dengar, rasa dan baui. Mereka perfeksionis yang berorientasi pada detail dan belajar saat melakukan. PT jago dengan tanggal, fakta, rumus dan daftar.

Pemikir Eksplorasi
Seperti Pemikir Terstruktur, Pemikir Eksplorasi (PE) hidup dalam dunia yang konkret dan nyata. Tapi, perilaku mereka lebih tidak terstruktur dan menyukai eksperimen. Mereka lebih kreatif dan terbuka pada lompatan inuitif, dan bukan pendekatan PT yang selangkah demi selangkah. Saat mengerjakan proyek, mereka kadang lebih asyik dengan proses daripada hasilnya. Kadang, mereka tak menyadari waktu, tapi mereka juga mencari cara kreatif baru untuk bertindak dan suka mengeksplor ide-ide dan sistem baru. Kenalanmu ada yang seperti ini?

Pemikir Fleksibel
Pemikir Fleksibel (PF) hidup di dunia perasaan dan emosi. Kebanyakan orang menganggap PF sebagai “ramah”. Mereka perlu waktu untuk merenung dan meresapi informasi baru sebelum membuat keputusan atau membentuk opini. PF ingin melihat gambar keseluruhan sebelum masuk ke detai, dan mereka tak menyukai lingkungan terstruktur.
Pemikir Logis
Pemikir Logis hidup di dunia teori dan pemikiran. Mereka senang menganalisis. PL sangat jago melakukan penelitian karena mereka bisa menemukan ide dan informasi penting, terutama jika tertata dengan baik. Mereka berpikir secara logis dan rasional serta mengajukan pertanyaan untuk mengetahui kenapa, juga bagaimana, di balik segala hal.

Apa gayamu?


Sumber: Buku Quantum Thinker
Oleh : Bobbi DePorter

Artikel terkait dengan kategori ini :



0 Responses so far.

Posting Komentar

    About Me

    Foto saya
    Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia
    I like to share.
    free counters
    Powered by  MyPagerank.Net

    Followers

    Tukaran Link

    Tukaran Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

    Chuuninja's Link